Rabu, 17 Maret 2010

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java


Setelah Postingan yang lalu membahas tentang Sejarah Perkembangan Bahasa Pemrograman Java sekarang mari kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman java...

Mau tau apa-apa saja kelebihan dan kekurangannya???

ayo simak lagi Cerita berikut:


Kelebihan :

  • Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

  • OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

  • Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan
(kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

  • Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

  • Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kekurangan :

  • Tulis sekali, perbaiki di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

  • Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena koe jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.

  • Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

Ref : Cybernetix

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

12 Comments:

Blogs4Funny said...

ternayat begitu ya bro,thanx ilmunya yah

Ferdinand said...

Waduh berasa di kampus lagi gw klo baca java kagi hhe.....tapi klo gw lebih suka nie Sob dari pada bahasa kaya VB... ga mudeng gw klo VB haha...

ilmu-coin said...

@Blog4Funny: iy, kurang lebih seperti itu,,, tanks udah kunjung2 ksini ya,, :)

ilmu-coin said...

@Ferdinand : iy sob,,, alnya ane juga lg kul ne, dapet pemrograman java, biar lebih ngudeng tar materinya ane post2in disini ajah,,, hehehe,, thanks dah mampir,, :)

moenas said...

mantab brow infonya cocok banget untuk saya yang belum merasakan bangku skuliah,.,.

thanks dah mampir d4 ane

ilmu-coin said...

haha...
berbahagialah karna belum terjun ke bangku kuliah,,,
hehe...
siapkan diri anda dari sekarang,,,

Giel said...

Mantab sob infonya jd makin banyak masukan dch...Oya Btw sobat dapet Award Backlink Tuh, biar PR sobat makin naik, Mhon Di ambil dan kerja samanya yah..

ilmu-coin said...

ok sob thanks,,,,,
langsung ke TKP,,, :)

yani said...

wah.. wah.. wah..
emang sih..
selama berkutat 2 tahun dengan java emang agak rewel..
g sesimpel pake yang laennya..
banyak banget aturan yang panajang n ribet..
pokoknya ribet deh...
^_^

ilmu-coin said...

@mbak yani: thanks untuk sharingnya, saya juga semester kedepan nie dapet pelajaran java,,,
wah,,,
siap2 untuk berpusing pusing ria nie,,,
hehehe

ilham said...

thanks mas, postingannya bagus..
saya jd terbantu mencari bahan utk kelebihan & kekurangan java

ilmu-coin said...

OK,,,
sama2 sob,,,
senang bisa membantu,,, :)

Posting Komentar

 

ILmu COIN Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha